Cegah Kecelakaan, Kendaraan Umum yang Beroperasi di Demak Rutin Dilakukan Ramp Check

DEMAK, Lingkarjateng.id – Sejumlah kendaraan bus wisata yang terparkir di terminal Bus Kadilangu, Kabupaten Demak dilakukan Ramp Check oleh Satlantas dan Dinas Perhubungan (Dinhub) Kabupaten setempat, Sabtu (18/5).

Kegiatan yang berlangsung di Terminal bus pariwisata, Kadilangu, Demak, ini dilakukan untuk memeriksa kelaikan jalan kendaraan angkutan penumpang umum atau bus pariwisata. Serta untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan yang tidak diinginkan seperti dialami rombongan study tour pelajar di Subang, Jawa Barat.

Kasatlantas Polres Demak, AKP Lingga Ramadhani, mengatakan bahwa Satlantas Polres Demak bersama instansi terkait dalam hal ini adalah Jasaraharja dan Dinas Perhubungan akan mengintensifkan pemeriksaan kelaikan kendaraan atau Ramp Check bagi kendaraan umum yang beroperasi di wilayah Kota Wali ini.

“Guna meminimalkan risiko kecelakaan, pengecekan akan kami lakukan secara rutin dan komprehensif, baik dari aspek kelaikan kendaraan maupun kesehatan sopir bus wisata itu sendiri,” katanya.

Lingga menjelaskan petugas datang langsung ke lokasi terminal bus pariwisata Kadilangu untuk melakukan pemeriksaan dilakukan ke sejumlah angkutan Bus pariwisata yang parkir di terminal Pariwisata kadilangu Demak.

“Petugas melakukan pemeriksaan kondisi kendaraan, mulai dari pengecekan mesin, lampu, spion, alur ban, pengereman hingga sistem kemudi. Selain itu juga pengecekan soal sarana penunjang keselamatan seperti P3K, APAR, alat pecah kaca jika terjadi emergency serta administrasi kendaraan,” jelasnya.

Pihaknya juga menambahkan selain dari pemeriksaan kondisi kendaraan, petugas juga memeriksa kesehatan para supir serta memastikan kepahaman supir terhadap aturan lalulintas.

“Sedangkan untuk pengemudi meliputi kesehatan, tidak sedang dalam pengaruh minuman keras atau narkoba dan obat-obatan terlarang, memiliki SIM sesuai dengan kendaraan serta pemahaman tentang tertib berlalu lintas,” pungkasnya. (Lingkar Network | M. Burhan A – Lingkarjateng.id)

Similar Posts